Berapa Ukuran Bola Rugby yang Ada?

Bola rugby memiliki berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kelompok usia pemain. Meski pemain profesional pria dan wanita menggunakan bola ukuran lima, ada diskusi di kalangan rugby wanita tentang penggunaan bola yang lebih kecil.

Bola rugby tersedia dalam berbagai ukuran yang biasanya disesuaikan dengan kelompok usia pemain. Secara tradisional, ada tiga ukuran yang digunakan dalam permainan rugby: ukuran tiga untuk mini rugby (usia tujuh hingga sembilan tahun), ukuran empat untuk junior rugby (usia 10 hingga 14 tahun), dan ukuran lima untuk pemain di atas 15 tahun, sesuai standar dari Gilbert.

Pemain profesional, baik pria maupun wanita, menggunakan bola ukuran lima. Namun, ada diskusi dalam rugby wanita mengenai kemungkinan penggunaan bola ukuran empat.

Ukuran Bola Rugby Wanita

Bola yang lebih kecil telah diujicobakan sebelumnya dalam permainan wanita, tetapi belum ada perubahan yang berkelanjutan. Beberapa pemain dan ofisial memberikan respons positif terhadap bola yang lebih kecil, tetapi ada juga yang menolak. Saat ini, belum ada rencana untuk perubahan.

ADVERTISEMENT

Wasit Sara Cox berbagi pandangannya kepada BBC tentang penggunaan bola: “Ketika saya bermain, kami mencoba bola ukuran empat, dan saya sangat menyukainya. Jarak tendangan saya bertambah.”

Namun, Cox juga menyebutkan bahwa pendapat pemain terpecah, dengan sebagian mendukung bola ukuran lima yang setara dengan pria.

Giselle Mather, pelatih Trailfinders dan mantan pelatih Wasps, kepada Scrumqueens mengatakan, “Saya tidak melihat alasan menggunakan bola yang lebih kecil karena kami bermain dengan aturan yang sama dan di lapangan yang sama seperti pria. Dalam olahraga lain seperti sepak bola, kriket, atau hoki, pria dan wanita menggunakan peralatan yang sama.”

ADVERTISEMENT

Mather juga menambahkan bahwa mengubah ukuran bola bisa berdampak pada aturan lain, yang menurutnya dapat mengurangi kemurnian permainan.

Baca Juga:  Peraturan Permainan Softball yang Wajib Kamu Ketahui

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

TERPOPULER